TAK KALAH INDAH !!! Destinasi Wisata Menakjubkan di Lombok

0
103
views
infinity pool
panorama kolam infinity pool

syaratsyarat.com (wisata_lombok), – Berbicara Lombok, maka kita tidak akan lepas dari pembicaraan tentang wisata. saat ini lombok telah menjadi tujuan wisata halal untuk kalangan internasional.

Lombok sudah menjadi pilihan utama bagi para pelancong untuk menikmati keindahan alam maupun ragam dari kulinernya, baik itu pelancong dari dalam ataupun tourist mancanegara.

Sebagai bahan pertimbangan, Berikut kami paparkan sedikit dari beribu tempat wisata di Lombok yang bikin siapapun tercengang akan keindahannya. Cekidooot…!!!
1. Keindahan panorama Gunung Rinjani dan hamparan sawah dari atas bukit: Bukit Pergasingan
hamparan sawah
hamparan sawah dilihat dari bukit pegasingan

Bisa jadi ini adalah pemandangan paling spektakuler yang akan Anda temukan di Lombok. Petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata.

Dari tempat yang kini telah menjadi taman wisata alam ini Anda bahkan dapat melihat kemegahan Gunung Rinjani. Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan bisa didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani

2. Berendam di infinity pool yang terletak di kaki gunung: Rinjani Lodge
infinity pool
panorama kolam infinity pool

Dengan latar pemandangan yang sedap dipandang mata seperti ini, bersantai di infinity pool-nya tentu menjadi sebuah kemewahan tiada tara.Tak jauh dari resort ini terdapat beberapa atraksi wisata, seperti Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Sendang Gile yang bisa ditempuh hanya 40 menit berjalan kaki.

Selain itu, yang bakal jadi ‘tetangga’ Anda adalah suku asli Sasak yang bermukim di kaki bukit. Bagaimana, keren kan?

Meskipun ada di tengah pegunungan, namun bagi Anda yang tak bisa hidup tanpa internet tak perlu cemas, karena di sini tersedia akses WiFi gratis.

Harga mulai dari Rp826.446 per malam (Deluxe Double Room)
Lokasi: Jalan Periwisata Senaru Bayan, Senaru, Lombok Utara

3. Monumen alam yang yang berdiri kokoh di tepi pantai: Batu Payung, Tanjung Aan
batu payung
batu payung tanjung aan di lombok

Keberadaan batu menyerupai menara ini terlihat sangat mencolok dibandingkan dengan sekitarnya.
Dari arah tertentu malah tampak seperti jari raksasa yang teracung ke angkasa.
Rasanya tak mungkin untuk tak menengok saat melihat formasi alam yang luar biasa ini. Uniknya, jika dilihat dari arah berbeda, maka bentuknya pun akan ikut berubah pula. Bahkan dari satu sisi wujudnya akan menyerupai profil wajah manusia. Batu ini bisa Anda jumpai sekitar 1 kilometer di sebelah timur Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan ke sana Anda dapat melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang dihuni oleh burung-burung dan kelelawar.
Lokasi: Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Pantai di pesisir selatan Lombok ini bisa ditempuh dari Kota Mataram selama 2 jam. Namun jika Anda dari Bandara International Lombok, maka hanya 30 menit saja. Batu Payung dan Tanjung Aan masih berada di satu garis pantai yang sama, namun untuk menuju Batu Payung tergantung pasang surutnya air laut. Saat pasang, Anda dapat menyewa perahu dan berlayar ke sana. Namun saat surut, dari area parkir anda bisa berjalan kaki menuju Batu Payung dalam waktu 20 menit saja.

4. Danau vulkanik berselimut mitos: Danau Segara Anak
segara anak
danau segara anak di puncak rinjani

Di balik pesonanya, danau indah ini juga menyimpan sebuah mitos. Konon, jika danau ini tampak luas ketika Anda melihatnya secara langsung maka diyakini usia Anda akan panjang. Sebaliknya, jika danau ini terlihat kecil maka itu pertanda Anda akan berumur pendek.
Bagaimana, ingin melihat masa depan Anda?
Mitos tersebut hanyalah satu dari sekian mitos yang menyelimuti danau seluas 1,1 hektar yang terletak di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut ini.
Terlepas dari benar atau tidaknya, duduk berselonjor di tepi danau yang tenang dan sejuk ini sambil menyeruput minuman hangat setelah lelah mendaki berjam-jam, pasti akan membuat semua rasa gundah dan letih sirna seketika.
Satu hal lagi yang menjadikan tempat ini istimewa adalah adanya sebuah gunung berapi aktif di tengah-tengah danau yang diberi nama Gunung Baru Jari yang memiliki ketinggian 2.376 meter di atas permukaan laut.
Untuk mencapai danau kawah di sisi barat Gunung Rinjani ini Anda harus menempuh setidaknya 8-10 jam berjalan kaki dari pos pendakian senaru.

5. Bak mahakarya seni alami: Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti
Air Terjun Mangku Sakti lombok

Ibarat pahatan indah karya maestro ternama, struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan.
Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya.
Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.
Lokasi: Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur
Cara ke Sana: Air terjun ini berjarak kurang lebih 175 km dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 4 jam melalui rute Mataram – Pusuk atau sepanjang Jalan Pantai Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung – Desa Senaru – Dasan Grisak – Desa Sambiq Elen – Sajang. Setibanya di Desa Sajang, Anda akan menemukan jalan tanag sekitar 4 km menuju air terjun. Pada titik tertentu jalanannya sangat terjal sehingga cukup meningkatkan adrenalin

6. Tirai air nan indah: Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu lombok

Sesuai namanya, air terjun ini memang unik dan lain daripada air terjun lain umum Anda jumpai. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara. Jalan menuju air terjun ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus. Sepanjang perjalanan Anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan sawah di kiri kanan.
Konon, menurut cerita yang diyakini warga setempat, jika mandi di air terjun ini Anda bisa terbebas dari segala macam penyakit dan juga awet muda!
Puas dari sini, jangan langsung pulang. Anda bisa mampir sejenak ke Air Terjun Benang Stokel yang berjarak 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.
Lokasi: Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah
Cara ke Sana: Air terjun ini terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram atau sejam perjalanan. Anda bisa menempuh jalur Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – Desa Aik Berik. Jangan ragu untuk bertanya pada warga setempat mengenai lokasinya, karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau Anda juga bisa menanyakan pada petugas hotel atau agen perjalanan.

7. Permata di tengah hutan: Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep
Permata di tengah hutan: Air Terjun Tiu Kelep

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Tiu Kelep, setidaknya Anda perlu meluangkan waktu ekstra karena jaraknya sekitar 3 jam dari Kota Mataram.
Untuk mencapai air terjun setinggi 45 meter ini Anda harus melewati hutan lebat berisi pohon-pohon besar. Oleh sebab itu, amat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal agar tak tersesat.
Dalam perjalanan, Anda akan menaiki tangga dan juga jembatan beton di atas tebing tinggi yang begitu mendebarkan. Awas, perhatikan langkah saat menyeberanginya, karena pegangan hanya ada di satu sisi dan dipenuhi lumut yang licin!
Kolam di dasar air terjun ini sangat jernih dan begitu dingin. Sangat menggoda untuk direnangi. Konon, sama seperti Air Terjun Benang Kelambu, mandi di sini juga bisa bikin awet muda.
Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara
Cara ke Sana: Berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram, untuk menuju ke Desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari. Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk mencapainya, pertama melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi. Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini, oleh sebab itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara).

8. Terjangan ombak yang menantang: Tanjung Poki
Tanjung Poki
Terjangan ombak yang menantang: Tanjung Poki

Meskipun asik mengagumi keindahan alam di sekitar Tanjung Poki, Anda tetap harus waspada akan hempasan ombak yang begitu besar. Bahkan saking besarnya, hempasan yang dihasilkan bisa mencapai ketinggan 10 meter ke udara! Kondisi yang sedemikian ini otomatis membuat perairan di kawasan ini tidak aman untuk direnangi. Tapi Anda masih bisa menikmatinya dengan cara lain kok: memancing! Ya, rupanya ini adalah salah satu spot favorit para penggemar memancing. Malah sampai diadakan kompetisi mingguan segala.
Lokasi: Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur
Cara ke Sana: Dari Kota Mataram jaraknya sekitar 75-80 km dengan waktu tempuh selama 2 – 2,5 jam. Rutenya yaitu: Mataram – Praya – Mujur – Ganti – Jerowaru – Desa Sekaroh. Trek menuju Tanjung Poki ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor dengan medan berbatu yang cukup menantang.
Nah itulah spot spot wisata yang indah di Lombok,Anda tinggal memilih tempat wisata yang akan anda kunjungi,Dijamin tempat tempat wisata di Lombok bias memanjakan mata anda dan yang pasti membuat anda betah tinggal di Lombok. (syaratsyarat.com/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.