Rukun-Rukun Shalat yang Wajib Diketahui

0
78
views
rukun shalar
ilustrasi orang sedang shalat

syaratsyarat.com, – Setelah pada postingan sebelum-sebelumnya yang membahas tentang syarat wajib shalat dan syarat sah shalat. Sekarang penulis akan menulis tentang rukun dari shalat itu sendiri.

Adapun Yang dimaksud dengan rukun shalat adalah setiap perkataan atau perbuatan yang akan membentuk hakikat shalat. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka shalat pun tidak teranggap secara syar’i dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi.

Rukun-Rukun Shalat yang wajib diketahui oleh setiap umat muslim sebagai pedoman untuk melaksanakan shalat 5 waktu ada 13 rukun yaitu :

  1. Berdiri bagi yang mampu
  2. Takbiiratul-Ihraam,
  3. Membaca Al-Fatihah pada setiap rakaatnya,
  4. Ruku’,
  5. I’tidal setelah ruku’,
  6. Sujud dengan anggota tubuh yang tujuh sebanyak dua kali dengan tuma’ninah,
  7. Duduk di antara dua sujud,
  8. Thuma’ninah (Tenang) dalam semua amalan,
  9. Tertib rukun-rukunnya,
  10. Tasyahhud Akhir,
  11. Duduk untuk Tahiyyat Akhir,
  12. Shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
  13. Salam dua kali.

Itulah 13 shalat yang wajib diketahui oleh umat muslim, adapun penjelasan lengkap tentang rukun-rukun shalat tersebut, penulis insyaAllah akan membahasnya pada postingan-postingan berikutnya.

Baca Juga : SYARAT SAH SHALAT : Kewajiban Shalat 5 Waktu bagi Umat Muslim
Baca Juga : SYARAT WAJIB SHALAT : Shalat 5 Waktu bagi Umat Muslim

Sementara Meninggalkan rukun shalat ada dua bentuk.

Pertama: Meninggalkannya dengan sengaja. Dalam kondisi seperti ini shalatnya batal dan tidak sah dengan kesepakatan para ulama.

Kedua: Meninggalkannya karena lupa atau tidak tahu. Di sini ada tiga rincian,

  1. Jika mampu untuk mendapati rukun tersebut lagi, maka wajib untuk melakukannya kembali. Hal ini berdasarkan kesepakatan para ulama.
  2. Jika tidak mampu mendapatinya lagi, maka shalatnya batal menurut ulama-ulama Hanafiyah. Sedangkan jumhur ulama (mayoritas ulama) berpendapat bahwa raka’at yang ketinggalan rukun tadi menjadi hilang.
  3. Jika yang ditinggalkan adalah takbiratul ihram, maka shalatnya harus diulangi dari awal lagi karena ia tidak memasuki shalat dengan benar.

Demikian sedikit penjelasan tentang rukun shalat yang wajib kita ketahui bersama sebagai umat muslim, semoga apa yang ditulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita tentang agama kita sendiri yakni agama islam yang sama-sama kita cintai. (syaratsyarat.com/**)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.