Syarat Membuat Surat Izin Usaha : Segera buat yang punya usaha !!

2
45
views
urat izin usaha
gambar contoh surat izin usaha

syaratsyarat.com, – Dalam melakukan usaha, baik itu usaha sekala kecil ataupun besar, dari usaha rumahan sampai dengan usaha berskala internasional, tentunya hal itu membutuhkan yang namanya izin, Surat izin usaha ini dikeluarkan langsung oleh Dinas Perizinan sesuai dengan lokasi dan lingkup usaha yang dijalankan.

Usaha bersekala rumahan yang ingin melebarkan sayapnya dalam memproduksi dan pemasaran sangat dianjurkan juga membuat surat izin usaha minimal izin usaha minimal izin Dinas Perizinan Kabupaten. Lain halnya usaha bersekala besar memerlukan banyak izin sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

Syarat dalam pembuatan surat izin usaha ini tidak begitu sulit seperti apa yang dibayangkan, syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama datanglah ke Kantor Dinas Perizinan untuk meminta format isian permohonan;
  2. Setelah mendapatkan format isian permohonan, tulis tangan isian permohonan sesuai dengan jenis dan tempat usaha didirikan;
  3. Format isian yang diperoleh dari Dinas Perizinan biasanya ada 2 yaitu permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Permohonan Izin Gangguan dan biasa juga disebut HO (Hinderordonnantie).
  4. Setelah mengisi Surat Permohonan di atas, langsung datang ke Kantor Desa setempat untuk mendapatkan rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Rekomendasi Izin Gangguan, biasanya dikenankan biaya administrasi dari desa sesuai dengan jenis usaha, luas dan bentuk bangunan tempat usaha didirikan dengan kisaran minimun untuk usaha rumahan Rp. 50.000,
  5. Setelah mendapatkan rekomendasi dari Desa, surat rekomendasi tersebut dilanjutkan ke Kantor Camat untuk mendapatkan rekomendasi dari Pihak Kecamatan, di Kecamatan juga dikenakan administrasi sesuai dengan jenis usaha, luas dan bentuk bangunan tempat usaha didirikan.
  6. selanjutnya langsung membawa surat rekomendasi kecamatan tersebut ke Kantor Perizinan Kabupaten untuk mendapatkan Surat Izin Usaha berupa Surat Izin Mendirikan Banguanan (IMB) dan Surat Izin Gangguan.

Tamun sebelum datang ke Kantor Perizinan untuk mendapatkan format isian permohonan tersebut ada baiknya mempersiapkan syarat-syarat laiin berupa :

  1. Foto Copi Sertifikat Tanah/ Bukti hak milik lainnya
  2. Foto Copy KTP
  3. Surat Persetujuan Pemilik Tanah, jika pemohon bukan pemilik tanah;
  4. Foto Copy SPPT dan tanda bukti Lunas PBB tahun
  5. Map 3 lembar
  6. Gambar rencana bangunan terdiri dari :
    • Site Plan
    • Denah
    • Tampak Depan, tampak samping, tampak belakang
    • Rencana Penulangan Plat
    • Detail Penulangan Kolom, balok arah portal dan memanjang *)
    • Perhitungan Struktur*)

Persyaratan ini untuk memudahkan anda nantinya setelah mendapatkan format isian dari Dinas Perizinan agar tidak perlu repot-repot lagi bolak-balik mempersiapkan segala sesuatunya. ngak ribet kan?. (Syaratsyarat.com/**)

n.b.

Untuk dibedakan surat izin usaha berbeda dengan keterangan usaha, Surat Keterangan Usaha cukup Keterangan dari Desa / Kelurahan dan tidak perlu syarat-syarat yang tertera di atas, cukup membawa KTP ke Kantor Desa / Kelurahan dan meminta dibuatkan Surat Keterangan Usaha.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.